Home » » Meningkatnya Resiko Kanker Di Bulan Puasa

Meningkatnya Resiko Kanker Di Bulan Puasa

resiko kanker di bulan puasaSelamat menunaikan ibadah Puasa bagi seluruh umat muslim di dunia. Kali ini saya ingin menyampaikan sedikit informasi yang tentunya sangat mengkhawatirkan bagi kita semua.

Apakah hal itu?? Yaitu meningkatnya resiko kanker, serangan jantung dan penyakit berbahaya lainya yang semakin meningkat di bulan puasa ini.

Loh, bukanya kalau puasa itu membuat tubuh kita semakin sehat??

Memang benar, bahwa riset yang dilakukan para ahli bahwa berpuasa membuat tubuh kita menjadi sehat, namun yang menyebabkan kanker, serangan jantung atau penyakit berbahaya lainya itu bukan disebabkan karena berpuasa.

Penyebab timbulnya penyakit tersebut akibat dari makanan yang kita konsumsi, kita semua pasti suka berbuka puasa dengan yang manis, segar dan nikmat. Dan kita sering kali membeli makanan untuk berbuka dari penjual makanan dadakan di pasar atau pinggir jalan.

Nah dari sini lah sumber semua masalah itu terjadi, sering saya lihat di TV para ahli dari BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan menemukan banyak jajanan yang dijual dipasaran mengandung bahan kimia berbahaya seperti formalin, borak, pewarna tekstil maupun pemanis yang tidak sesuai dengan standar kesehatan.

Bukankah ini sangat mengerikan?? Sebenarnya tidak di bulan puasa saja hal itu terjadi, namun hampir setiap hari. Namun di bulan puasa ini tingkat konsumsi dari jajanan pasar itu meningkat drastis, anda pasti tahu hal itu kan!!

Makanan yang ditemukan BPOM antara lain dari minuman yang mengandung pemanis buatan, Lauk pauk yang mengandung bahan pengawet mayat dan pewarna pakaian, gorengan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Yang lebih parah lagi sayur segar pun mengandung formalin dan bahan pewarna.

 Walau tidak semua pedagang menggunakan cara licik untuk meraup keuntungan tapi 9 dari 10 sampel yang diambil tidak layak untuk dikonsumsi.

Lalu bagaimana cara kita menyikapinya??

Kita sebagai konsumen harus teliti dalam memilih jajanan atau sayur yang kita beli, dan kita juga sebaiknya mulai menanam sayuran sendiri karena akan menjamin mutu dari sayuran yang kita konsumsi.

Semoga dengan sedikit informasi yang disampaikan di atas membuat kita lebih waspada terhadap hal-hal yang terjadi di luar sana, jangan menilai sesuatu dari luarnya atau penampilan saja karena mungkin didalamnya mengandung racun yang siap membunuh kita.

Mohon maaf kalau ada kesalahan dalam penyampaian informasi atau ada yang tersinggung dengan artikel ini, Selamat menunaikan ibadah puasa.

Update >>
Daftar makanan yang nyangkut sama BPOM :

1. es Cincau
2. Tahu putih
3. Aneka olahan bandeng
4. Aneka olahan ikan atau daging
5. Krupuk udang
6. Bakso
7. Es buah
8. Tahu / Tempe
9. Bunga Kol
10. Wortel

( gambar hanya ilustrasi )